Home » » KEUTAMAAN BERDOA

KEUTAMAAN BERDOA


Sevcom17 - Rasulullah SAW Bersabda : "Janganlah kalian berhenti dari doa, karena sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku sebuah firman, ' Berdoalah Kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu."(Gofir: 60)

Ada seorang laki-laki berkata "Wahai Rasulullah, apakah Tuhan kita dapat mendengar doa kita, atau bagaimana ?" kemudian diturunkanlah Ayat "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat." (Al-Baqoroh: 186) (HR. At-tirmidzi dan Al-hakim dalam kitab Al-Mustabrak dari Ali)

Orang yang tidak pernah berkata-kata menuruti hawa nafsu, Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya kewaspadaan tidak akan dapat menolak apa yang telah digariskan (Qodha'), akan tetapi doa dapat menolak apa yang telah digariskan (Qodha'), Allah berfirman, 'Dan mengapa tidak (penduduk) suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus tatkala mereka (kaum Yunus) beriman, Kami hilangkan dari mereka adzab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami berikan kesempatan kepada mereka pada sampai waktu yang tertentu.'"(Yunus : 98) (HR. Ibnu Abi Hatim dan Al-Lalika'i dari Ali).

Ali bin Abi Tholib pernah menuturkan, Rasul pernah bersabda "Doa adalah perisai bagi orang mukmin, semakin engkau banyak mengetuk pintu, maka akan dibukakan untuk mu." (HR. Al-Lalika'i dalam kitab Al-Khala'iyat)

Rasul pernah berkata kepada Ali bin Abi Tholib pada waktu Ali mengucapkan "Ya Allah, kasihanilah aku." Kemudian Rasul menepuk di antara kedua bahunya dan berkata, "Ucapkanlah dengan umum dan janganlah engkau khususkan (ucapkanlah, Ya Allah, kasihanilah kita), karena sesungguhnya antara umum dan khusus adalah bagian antara langit dan bumi." (HR. Ad-Dailami dari Ali)

Maksudnya adalah ketika seseorang berdoa, hendaklah ia tidak hanya berdoa untuk dirinya sendiri saja, akan tetapi juga untuk orang lain.

Rasul pernah bersabda "Bersungguh-sungguhlah kalian dalam berdoa, karena barang siapa yang banyak mengetuk pintu, maka besar kemungkinan dia akan dibukakan (pintu tersebut) untuknya." (HR. Ibnu Abi Syaibah dari Abu Darda)

Sumber dari kitab USFURIYAH

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011-2012. sevcom 17 - All Rights Reserved